“PERANCANGAN PANEL SIMULATOR MESIN PENJUAL MINUMAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER”

Posted: December 2, 2010 in Uncategorized

Mesin penjual otomatis (Vending machine) adalah sebuah mesin penjual yang akan
mengeluarkan barang atau produk sesaat setelah pembeli memasukkan uang ke dalam kotak
mesinnya. Uang yang dimasukkan akan divalidasi oleh sebuah pendeteksi mata uang (Currency
Detector). Devais ini berfungsi sebagai pemberi sinyal kepada mikrokontroler. Mikrokontroler
akan mengolah sinyal yang masuk ini, jika sinyal ini terbaca maka mikrokontroler melakukan
tugas selanjutnya yaitu memberikan pilihan kepada pembeli untuk memilih barang atau produk
apa yang pembeli inginkan. Dengan menekan tombol pilihan yang ada pada kotak mesinnya,
barang yang diinginkan pun akan keluar.

Pada tugas akhir ini akan dirancang dan dibuat sebuah panel simulator mesin penjual
minuman otomatis. Masalah yang dirumuskan adalah bagaimana membuat model simulasi mesin
penjual minuman otomatis menggunakan mikrokontroler AT89S52. Sedangkan tujuan pembuatan
tugas akhir ini adalah untuk menghasilkan suatu model simulasi mesin penjual otomatis yang
dapat menggambarkan cara kerja mesin penjual yang sesungguhnya.
Pada simulator ini koin yang dimasukkan ditandai dengan penekanan tombol koin
beberapa kali. Banyaknya tombol yang ditekan dihitung oleh mikrokontroler dan ditampilkan
melalui Seven Segment, jika tombol koin yang ditekan memenuhi syarat yang ditetapkan, mesin
akan melakukan proses selanjutnya yaitu menunggu perintah melalui tombol pilihan untuk
memilih minuman yang diinginkan. Ketika tombol pilihan ditekan, lampu indikator minuman
menyala dan tulisan jenis minuman ditampilkan pada LCD Display.
Keluaran minuman ditandai oleh menyalanya LED yang menyatakan bahwa minuman
siap diambil. Dengan menekan tombol ambil, maka sistem akan kembali ke keadaan semula.
Berdasarkan pada pengamatan terhadap mesin penjual minuman otomatis maka dapat diturunkan
spesifikasi fungsional panel simulator sebagai berikut :
1. Bentuk panel
Bentuk panel yang perlu dibuat disesuaikan dengan kebutuhan dari suatu panel yang akan dipasang
pada rak dengan ukuran yang ditentukan. Dimensi dari panel tentunya tidak harus sesuai dengan
ukuran dari mesin yang sesungguhnya, tetapi dibuat menyerupai yang aslinya meskipun dengan ukuran
yang lebih kecil.
2. Fungsi tombol, LED, LCD, dan 7 Segment
Pada mesin penjual otomatis terdapat tombol-tombol yang berfungsi untuk memilih minuman dan
untuk fungsi yang lainnya. Biasanya mesin ini ukurannya cukup besar karena di dalamnya juga
disimpan barang yang dijualnya. Pada simulator ini beberapa fungsi di atas diganti dengan indikatorsehingga ukuran mesinnya lebih kecil dan tidak ada sistem mekanik. LED, LCD dan seven segment
digunakan sebagai fitur tambahan untuk memperjelas proses yang sedang dilaksanakan oleh simulator
ini.

Berdasarkan hasil yang dimulai dari perancangan dan diakhiri dengan pengujian dan analisis,
penulis berkesimpulan Simulator ini dapat memodelkan mesin penjual yang sesungguhnya
dengan melakukan penyederhanaan beberapa fungsi sehingga memudahkan dalam perancangan
perangkat keras dan lunaknya. Masukan (input) disimulasikan dengan penekanan tombol
masukan koin, untuk keluaran (output) disimulasikan dengan penyalaan LED, Penampil LCD
dan Seven Segment untuk menjelaskan proses yang sedang berlangsung.





Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s